Beberapa Game Terkenal Karna Insiden tak di Sengaja

Banyak game di dunia ini berkembang dengan rencana dan pembuatan yang sangat mendetail bahkan di riset selama bertahun -tahun.

Namun, ada beberapa game populer yang ternyata berawal dari sebuah kecelakaan, kesalahan, atau hanya sebuah proyek iseng. inilah beberapa game tersebut

1. Counter Strike

CS

Secara teknis, Counter-Strike diciptakan dengan sengaja oleh sepasang programmer bernama Minh Le dan Jess Cliffe, karena mereka bosan dengan game Half-Life. Mereka pun membuat mod untuk game Half-Life di mana itulah bentuk awal dari Counter-Strike, dan akhirnya mod tersebut menjadi populer secara fenomenal.

Valve pun melakukan hal yang seharusnya, mereka membeli karya tersebut dan mempekerjakan Minh Le dan Jess Cliffe untuk mengerjakan versi lengkapnya yang hingga sekarang menjadi game FPS paling terkenal sejagad raya.

2. Grand Theft Auto (GTA)

CS

Salah satu franchise game paling menguntungkan dan kontroversial sepanjang masa, Grand Theft Auto atau yang lebih dikenal dengan singkatannya GTA berawal dari kesalahan Rockstar Games. Awalnya, pengembang berniat akan menciptakan permainan bertema balapan, di mana berpusat tentang balapan liar dan pengejaran polisi yang diberi judul Race n’ Chase.

Namun, saat pembuatan terjadi semacam glitch di mana mobil polisi menjadi lebih dari sekedar mengejar, tapi lebih liar dan menyebabkan kekacauan di dalam game. Tapi inilah yang membuat pengembang seakan mendapatkan ide. Mereka akhirnya mempertahankan glitch tersebut dan mengubah keseluruhan game menjadi permainan Open World bertema kriminal yang sangat sukses hingga sekarang.

3. DOTA

DOTA

Puluhan game memang banyak yang berawal dari sebuah mod atau berakar dari pengembangan komunitas. Namun, ketika sebuah tim pengembang berbakat membuat mashup dari Warcrafft-Starcraft di awal tahun 2000-an, siapa yang meramalkan akan menelurkan sebuah genre populer?

Defense of The Ancients pada dasarnya adalah skenario Starcraft Aeon of Strife yang dikonversi ke Warcraft III engine menggunakan software editing game, yang dirilis secara gratis oleh Blizzard. Peta yang dimodifikasi datang dengan gameplay yang berubah secara luas berdasarkan konsep tower defence dan seperti wildfire di platform Battle.net